Kamis, 24 Januari 2013

Sabar.
Sebenernya kalo udah ngomongin sabar dan opini tentang sabar itu udah ambigu. Iya, ambigu karena bisa diartiin lebih dari 1 presepsi. Ya karena presepsi orang beda-beda kan? Tapi dari beberapa temen, sahabat atau siapapun yang bisa diajak buat diskusi dan ditanyain tentang berbagai hal opini mereka tentang sabar, jawaban mereka beda2,

Ada yang bilang,
Sabar itu ga ada batasnya. Dulu, awal aku denger ini dari guru akhlak ku SMP. Sebelum-belum nya banyak orang bilang sabar itu ada batasnya. Dan aku pun juga dulu selalu berpendapat kaya gitu. Tapi ketika guru akhlak ku bilang gitu, aku juga jadi mikir. Mungkin emang sabar ga ada batasnya, tapi hati yang udah mulai capek. See? Banyak orang yang selalu bisa bilang "Sabaaaar" di setiap ada permasalahan yang mereka hadepin. And so do I. Pasti selalu ada kata "Sabar" disaat kita capek ngejalanin permasalahan itu. But, believe or not, permasalahan itu selalu ada jalan keluar di ujungnya, selalu ada kata "alhamdulillah" yang keluar nantinya dan selalu ada titik terang di ujung sana. Pencerahan dari Tuhan itu terkadang datang disaat belakang, disaat kita udah mau give up tentang semuanya.

Ada juga yang bilang,
Sabar itu ada batasnya. Dulu awal opini ku juga ini. Sabar ada batasnya. Kenapa? Karena menurutku semua hal di ciptain ada titik kurangnya. Sesuatu yang kuat sekalipun pasti akan ngerasain titik terlemahnya juga kan? Dan dari berbagai pengalaman pun aku pernah ngalamin sabar itu ada batasnya. Capek ngehadepin hal-hal yang ga sesuai dengan keinginan. Buat buka mulut untuk sekedar bilang 'Sabar saaal" itu masih mampu. Tapi waktu maksa buat ngelakuin hal itu terus menerus, hati udah ga ngijinin. Mungkin definisi sabar ada batasnya seperti ini. Menurutku sih ya.

Tapi, setelah mendapat berbagai penglaman baik buruk manis pahit jadi remaja sekarang, dari pengalaman hidup. Aku mulai bisa berkesimpulan apa sabar itu.

Sabar itu, nyakit.

Ngerti ga sama yang aku maksud? Iya, nyakit. Kaya yang aku bilang di atas tadi. Secara fisik, kita gapapa. Secara fisik, sugesti-sugesti dan pemikiran "aku pasti bisa" yang ga pernah berhenti, dari semua tujuan-tujuan yang gapernah hilang dari mata, dan di setiap kata-kata "sabar" untuk menghibur diri sendiri yang ga bisa berhenti, tapi di dalam hati kita sebenernya udah capek. Karena semua hal itu diciptaan ada baik dan kurangnya. Sekalipun hal itu kuat, dia pasti punya limit tertentu. Sekalipun hal itu kurang, dia pasti punya kekuatan tertentu. Kaya sabar.

Ketika kita sebenernya udah cape buat berbuat hal kaya gitu, tapi kita tetep maksain buat tetep ngelakuuin itu. Aku udah pernah bilang sama Tya, ketika kita "capek" ngelakuin hal, tapi kita tetep "maksain" buat ngelakuin hal tersebut, yang ada bukan nya sampe tujuan dengan selamat, tapi baru beberapa langkah kita udah "kecapekan". You know what i mean? Banyak kan orang yang ngelakuin hal tanpa mikir panjang dan lihat hasilnya ntar belakangan aja? Yea, dan banyak quotes2 yang mengatakan sabar itu akan worth it di kemudian hari. Yes, aku percaya. Tapi worth it atau ga nya sabar itu juga ga cuma di liat dari hasil doang, tapi dari proses nya. Tapi, keyakinan itu ada kok. Di saat kamu sabar dalam menghadapi sesuatu dan sabar dengan tujuan tertentu dan kamu yakin kalo kamu bakal ketemu dengan tujuanmu, pasti bakalan ketemu.

See, presepsi orang beda-beda.
So, apa sabar menurutmu? :-)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar